Google: Pengeluaran Masyarakat Naik 30% Selama Ramadan
![]() |
Foto : Google |
Hengky Prihatna, Head of e-commerce Google Indonesia mengatakan, konsumsi paling tinggi terjadi selama bulan ramadan. Dia juga memaparkan bahwa menjelang Lebaran, masyarakat yang melakukan pencarian produk lewat Google meningkat sebesar 28%. Sekitar 80% di antaranya di akses melalui ponsel.
Berdasarkan data Google Indonesia, produk-produk yang kerap dicari jelang bulan ramadan adalah pencarian promo kartu kredit, peralatan memasak, telepon genggam terbaru, baju-baju untuk Lebaran, hingga produk kecantikan.
“Yang terpenting adalah bagaimana kami dapat menemukan dan memanfaatkan peluang selama bulan suci Ramadan," jelas Henky Prihatna dalam siaran pers, Selasa 23 Mei 2017.
Yang Paling Banyak Dicari di Google Saat Ramadan
Ramadan bisa menjadi waktu yang menarik untuk mengamati kebiasaan orang Indonesia di internet, khususnya terkait perilaku belanja. Dalam satu tahun, hanya di bulan ini pencarian yang berujung pada pembelian barang online memuncak. Google berbagi beberapa temuan menarik kepada awak media.
"Selama Ramadan, orang Indonesia tampaknya ingin menjadi orang yang lebih baik ya. Banyak orang mencari doa, informasi zakat, hingga tips tampak lebih cantik atau ganteng," ujar Henky Prihatna, Country Industry Head dari Google, dalam acara E-Commerce Insight 2017 di XXI Plaza Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Mei 2017.
Banyak informasi menarik yang dapat disimak dari rekap data internal Google tahun lalu terkait Ramadan. Di bulan tersebut, banyak pencarian yang memuncak dibandingkan bulan-bulan biasa. Terutama perihal belanja online yang pencariannya akan terus meninggi sampai Idul Fitri.
Berkaca pada data tersebut, tahun ini bagai barang mulai dari pakaian muslim, sepatu, hingga peralatan rumah tangga akan kembali banyak dicari. Tahun 2016 lalu, selama bulan Ramadan pencarian pakaian muslim melonjak 200 persen, alat rumah tangga 25 persen, dan sepatu 70 persen. Pencarian menurun jelang hari Idul Fitri.
Sebelum Ramadan, informasi kartu kredit marak ditelusuri. Tahun lalu, April dan Mei jadi bulan terbanyak pengajuan kartu kredit. Sedangkan pada minggu ketiga Ramadan, orang mulai mencari promosi kartu kredit dan cicilan dari bank.
Promo ponsel terbaru juga tercatat banyak ditelusuri. Dua minggu sebelum Ramadan, menurut Henky, biasanya sudah akan ada sedikit lonjakan pencarian informasi harga dan promosi gawai-gawai termutakhir. Merek-merek seperti Oppo, Samsung, Lenovo hingga Asus akan banyak diketik. Lonjakan ini akan memuncak di minggu ketiga Ramadan, tepat saat pekan pemberian tunjangan hari raya atau THR. (msn.com)